Nikah Muda, Ya Nggak Sih?

sad1Kata orang menikah itu seperti seperti melepaskan satu kebahagiaan yaitu kebebasan untuk mendapatkan kebahagiaan yang lebih banyak.

Banyak gadis mengundur pernikahan karena takut kehilangan kebebasan. Kebebasan untuk bertindak, mengambil keputusan, dan menentukan langkah hidup.
Fenomena yang bisa dilihat di kalangan artis, kawin-cerai justru banyak dialami oleh mereka yang menikah di usia “mapan”. Sedangkan yang menikah di usia belia, seperti cindy Fatika Sari malah awet sampai sekarang.

Sahabat perempuanku juga banyak yang menikah muda di usia 20-22 tahun (bukan karena MBA lho…). Saat saya tanyakan alasan mau menikah di usia yang begitu muda, sahabat saya yang romantis menjawab begini,

“karena saya percaya, cinta yang tulus hanya akan ada dalam pernikahan. Kami bisa berbagi apa saja. take and give nya bener-bener tulus”.

Ada juga yang simple,“karena aq udah ga bisa pisah sama mamasku“.

Sahabat saya yang religius menjawabnya “karena menikah adalah ibadah, dan menyempurnakan separuh agama. kalo dah menikah semua kegiatan jadi pahala lho. Patuh dan melayani suami sebaik-baiknya, udah seneng bisa bareng terus dapat pahala lagi”.

Satu sahabat yang memang rada gokil juga menikah muda dengan alasan “Udah ga nahan coy!Daripada bikin dosa mending kawin dah. Wong  nikah itu enaknya cuma 10%, yang 90% enak banget”.hehehe…

Kalo Saya sendiri juga sudah bertunangan bulan desember 2008 lalu. Calon suami meminta saya untuk segera menyelesaikan studi supaya kami bisa cepat menikah. Saya bahagia dengan dia, tapi untuk menikah segera kadang tetap dihantui rasa takut akan kehilangan “kebebasan” utamanya untuk meniti karir di usia saya yang kini baru 21tahun.

Diluar konteks enak-enggaknya nikah muda, kebebasan tetap menjadi alasan bagi sebagian besar wanita muda menunda pernikahan.

Anda termasuk yang ingin menikah muda atau bukan?
Yang mau berbagi pengalaman tentang menikah di usia muda, senang sekali saya jika anda mau berbagi disini.

12 responses to this post.

  1. Posted by indah on 01/03/2012 at 8:02 AM

    Menikah muda siap2 aja, tapi pengen dengan orang yang sangat mencintai dan menyayangiku tulus….begitupun keluarganya sayang padaku… dia pun harus pintar dan bertanggung jawab… intinya laki2 shaleh yang aku mau.

    Reply

Leave a Reply

